04.37

Biasa Mengunyah Es itu Gejala Anemia

BANYAK orang yang suka mengunyah es. Keinginan untuk mengunyah es atau disebut pagophagia itu sering dikaitkan dengan anemia. Mengapa?

Menurut dokter, mengunyah es termasuk dalam istilah Pica merupakan masalah medis. Kebiasaan itu mencerminkan keinginan seseorang untuk makan sesuatu yang tidak memiliki nilai gizi.

Menurut Mayo Clinic, keinginan dan dan kebiasaan itu merupakan gejala anemia atau kekurangan zat besi. Meski demikian, latar belakang hubungan itu belum diketahui.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan mengunyah es merupakan cara untuk menghilangkan rasa sakit. Hubungan antara mengunyah es dan anemia kekurangan zat besi cukup kuat. Sehingga, bagi seseorang yang mempunyai kebiasaan itu dianjurkan mendatangi dokter dan melakukan tes darah.

Jika dilakukan tes darah dan hasilnya menunjukkan tingkat besi dalam batas normal, kebiasaan mengunyah es harus dihentikan. Itu bisa menimbulkan konsentrasi negatif dalam bentuk cedera gigi. Selain itu, mengunyah es terlalu banyak dapat memicu abses dan melemahkan struktur gigi yang dapat menyebabkan gigi patah atau retak.

by MetroTV

1 komentar:

Dany Rosepta mengatakan...

Artikel yang bagus untuk jadi referensi, dan pembahasan yang bagus...
Banyak Penyebab anemia yang harus segera diatasi untuk agar kita tidak dapat beraktifitas seperti semua, beberapa cara mengatasi anemia yang dapat jadi referensi untuk anda...
Terima Kasih

Posting Komentar

Popular Posts